Kamis, 22 Mei 2014

THE FROZEN DAN SUKU ESKIMO


Tentang tak semua kata yang bisa diterjemahkan di artikel sebelumnya. Juga perihal terjemah-menerjemahkan dan budaya yang terkandung di dalamnya. Sang Dosen di kelas Translation melanjutkan, menjelaskan bahwa kata snow (salju) dalam bahasanya orang Eskimo bisa berbagai macam.

Ada tujuh kata 'salju' dalam bahasa orang Eskimo. Tujuh contoh yang disebutkan oleh dosen Translation-ku. Tapi sebenarnya ada puluhan bahkan ratusan untuk satu kata tersebut. Terang saja, Indonesia tak pernah hujan salju. Dan orang Eskimo setiap hari berteman dengan tumpukan salju.

Ada perbedaan kata-kata untuk salju kering, basah, tertinggal hingga yang bertekstur lembut seperti bubuk. Ada banyak banget. Cek deh beberapa kata-nya di sini


Berbicara salju membuatku terbayang adegan-adegan di Film Frozen

Keren! Ingat waktu Elsa sama Anna main-main di salju pakai sihir. Elsa yang berbeda. Memiliki sihir yang luar biasa. Ingat waktu Anna mencari Elsa dengan latar musim dingin. Juga istana yang dibuat Elsa dengan sihir salju-nya. Daebak.

Membuatku ingin pergi ke tempat yang penuh dengan salju. Bermain-main di sana dan membuat boneka salju seperti Olaf yang lucu di film Frozen.

 

2 komentar: