Kamis, 16 Juni 2016

Lima Keistimemawaan Ramadhan*


Kita tahu ‘kan Ramadhan adalah bulan istimewa. Bulan penuh keberkahan karena kebaikan yang lakukan di bulan ini berlipat ganda pahalanya. Bahkan tidur saja mendapatkan poin. Kenapa? Itu yang ditanyakan adikku yang baru kelas satu. Umm, mungkin karena pada saat kita tertidur kita tak melakukan dosa apapun. Perhaps.

Dalam hadits juga disebutkan, para jin, iblis dan setan pun dikerangkeng. Jadi bulan ini benar-benar suci. Terus kalau ada ceritanya orang nyolong di bulan puasa itu keterlaluan namanya. Berarti dia bertindak atas kemauan sendiri bukan bujukan ataupun rayuan setan. FYI, kemarin ada kasus. Seorang tante-tante gendut sedang nyolong di indekosnya. Huhu, miris! Sungguh!

Okay, back to the topic about istimewanya bulan Ramadhan. Apa saja sih? Cuz yuk! Rock the world with this points.

Puasa
Bicara Ramadhan tentunya tak jauh-jauh dari puasa. Berpuasa memang bukan hanya di bulan ini saja. Ada banyak macam-macam puasa. Puasa Daud yang puasanya lompat-lompat hari. Sehari puasa, sehari nggak. Puasa Senin-Kamis, ayyamul bidh, dan lainnya.

Tahu nggak, puasa adalah satu-satunya ibadah yang langsung diberikan Allah kepada hamba-Nya. Tanpa perantara malaikat Raqib dan Atid, pencatat amal. Jadi kudu serius ya puasanya karena ia spesial.

Puasa menurut istilah adalah menahan dan meninggalkan. Yang paling utama adalah menahan lapar. Tak minum, tak makan. Kita tahu bahwa kebutuhan pokok manusia adalah makan dan minum. Nah, jika manusia bisa menahan kebutuhan paling inti tersebut maka tidak dapat dipungkiri bahwa manusia akan atau dapat menahan diri dari meninggalkan maksiat. Makanaya dalam hadits disebutkan. Jika tak bisa menikah dianjurkan untuk puasa.




Tarawih
Tarawih itu hanya di bulan ramadhan. Tarawih disebut juga qiyamullail. Nah jika di hari-hari biasa kita ada tahajjud, maka di bulan puasa namanya tarawih.  Yah, sholat malam di bulan Ramadhan.

Tak diperdebatkan masalah berapa jumlahnya. Mau 11, mau 21 yaa silahkan. Monngo dilaksanakan. Yang penting kualitasnya. Kalau 11 tapi kilat ya, naudzubillah. Apalai jika 21. Miris mendengar kabar sholat tarawih 21 rakaat cuma dikerjakan dalam waktu 7 menit saja. Itu sholat, atau ngejar sepur?

Fawailul limushallin. Maka rugilah orang-orang yang sholat. Dapat capeknya tapi belum tentu dapat pahalanya. Rasulullah saaj sholatnya sampai bengkak. Nah, kita sholatnya sampai goyang-goyang nggak kuat nahan ayat panjang. Bertaubatlah kawan.

Di bulan Ramadhan Rasullullah itu suka ahyaul-qiyamul lail. Menghidupkan malam. Apalagi di sepuluh terakhir bulan Ramadhan. Bahkan beliau menembangunkan keluarganya untuk ibadah bersama.

Kenapa qiyamul lail, istilahnya? Itu maksudnya kita nggak boleh tidur terus. Disuruh bangun! Tahukah? Kita setiap hari mati. Coba liat do’a sebelum tidur, bismikaallahumma aya wa amut. Dengan namaMu aku mati dan hidup. Perhatikan pula do’a saat bangun. Segala puji bagimu Allah yang telah membangunkan dari mati. Kita tidur, kita mati. Bangunlah dari tidurmu dan sholatlah.


Tilawah
Ada berapa sosial media yang kita miliki? Berapa menit kita membukanya setiap setiap hari? Baca WA, status di pesbuk, momen di path, cuitan di twitter. Coba kita gabungkan postingan itu mungkin lebih dari jumlah halaman satu juz.

Kita lho tidak lebih sibuk 20 halaman. Baca qur’an bukan sosial media, matikan hape! Reminder, kalau ada masalah pribadi, kalau ada perlu, langsung japri jangan di grup. Itu kan mengganggu.


Sebenarnya kita kalau mau, bosa khatam dalam sebulan, maupun sepekan dalam bulan Ramadhan. Coba gunakan waktu 15 menit saja untuk qur’an.ayat-ayat itu akan merindukan kita dan memanggil untuk dibaca.





Para ulama biasanaya 7-3 hari khatam Al-qur’an. Bahkan Imam Syafi’i kalau di bulan ramadhan sehari bgisa kelar satu quran. Mudah saja bagi belaiu. Imam Syafi'i telah menghafalnya. Jadi bacanya gampang. Tahu kan Imam Syafii  sudah hafal sejak kecil. Dulu pun beliau sudah jadi mufti [hakim] saat berusia lima tahun. Daebak! Dakara, shugoi yo!

Kok bisa ya? Kakalau menurutku karena Imama Syafii sudah hafal sejak kecil. Beliau pun saat umur lima tahu sudah jadi mufti [hakim]. Daebak! Kita lho nggak lebih sibuk daripada para ulama dan para nabi. Kita tuh hanya sok sibuk. Sok nggak punya waktu buat ngaji. 





Infaq
Rasulullah itu orang yan paling dermawan. Apalgi di bulan Ramadha. Kedermawanan Nabi seperti angin berhenbus. Sekali tiup meerpa segal asesutatu yang melewatiinya. Bahkan tanaman.

Infaq yang paling baik itu saat ramadhan. Berinfaqlah dengan infaq terbaik. Afdhalus shadqa fi Ramadhan.

Berbuatlah, semampumu, beribadahlah semapumu. Fattaqullaha mas tatha’tum. Kalau tak bisa bersedekah dengan uang bisa dengan senyuman. Tapi kalau pengen yang lebih ya traktirin teman, termasuk menggembirakan juga pahala lho. Man fathhatara shoiman.

Jika kita memberikan buka puasa kita mendapat pahala serupa. Biar pahalanya banyak carilah yang ibadahnya banyak saat bulan puasa, biar kita ikutan dapat poin gede juga. Al yadul ulya khairun minal yadis sufla, yang ntarktir lebih baik dariipada yang ditraktir. Maka luang uang mununtuk mentraktir :D



That’s all, lima hal paling urgen di bulan Ramadhan. Rmaadhan sudah semingu lebih kita laksanakan. Semoga bisa lebih maksimal lagi. Dalam setahun Allah hanya minta sebulan saja untuk mengkhususkan diri kita di bulan beribadah kepadaNya. Di Bulan Ramadhan. Setidaknya dalam sebulan ini kita memenuhi permintaan Allah. Kalau bisa , cobalah di sepuluh malam terakhir. Fokus ibadah, kepada Allah,. Tutup toko, lupakan urusan duniawi. Kalau tak bisa malam-malam ganjil saja. Kalau tak bisa. Pastikan kau dapat malam lailatul qadr. Kalau tak bisa juga, takbir empat kali atas kematian!



*Rangkuman materi tabligh akbar acar islamic culuture Festival FKI Al-Alazzam FISIB UTM

3 komentar:

  1. Acaranya banyak ya, ini yg bikin kangen dg suasana ramadan :)

    BalasHapus
  2. Bersyukur ya ummat islam punya bulan spesial seperti Ramadhan ^^ benar2 beda nuansanya dibanding bulan lainnya. Bulan penuh berkah ^^

    BalasHapus
  3. Jadi sedih mbakk kangen suasana ramadhan yang adem, sejuk dan menenangkan :(

    Visit back blog saya ya mba hehe di indahsdaily.wordpress.com

    BalasHapus