Selasa, 27 Juni 2017

Agar Batik Nggak Gampang Luntur

Sudah pada tau kan kalo batik kebanggaan kita-kita sudah dikenal di manca negara. Bahasa kerennya sudah go international.

Jadi memilihnya sebagai baju lebaran adalah pilihan yang tepat. Cuma si dia agak rewel. Ngurus-ngurusnya susah-susah gampang.

Kain batik ini ngerawatnya kudu disayang-sayang. Nyucinya nggak boleh sembarangan. Dki rumah suka pakai deterjen khusus. Biasanya Ummi beli buah lerak di pasar.

Tapi jaman sekarang semuanya sudah pada praktis. Seblak ada aja ada yang instan, tuh kan jadi pengen hunting kencur di halaman belakang.

Nah, toko Batik Keris tak hanya menjual koleksi batik modern, tapi di sana juga tersedia detergen khusus batik. Komplit kan. Bahan dasarnya pun sama kayak yang Ummi beli di pasar, pakai buah lerak.


Jadi lumayan lah buat awet-awetin baju batik kita. Biar nggak cepet pulak alias pudar. Tapi teteupp makenya nggak boleh banyak-banyak juga. Nanti cepet habis. Irit dong*tepok jidat, haha.

Hihi, bukan gitu juga sih, memang si kain batik ini butuh perhatian kelas kakap.  Kalo sabunnya kebanyakan kualitas warnanya jadi menurun. Gitu ceritanya.

Terus, kalo mau tambah awet lagi ada tips lainnya nih. Jemurnya nggak boleh di bawah matahari langsung. Jangan di teriknya. Tarohlah itu baju di bawah pepohonan atau di bawah siluet genteng. Biar adeumm alias nggak gampang pulak.

Pas diseterika juga ada caranya. Suhunya disetel di daerah sedang. Tidak disarankan pada angka maksimal. Dikhawatirkan akan merusak kualitas kain. Jadi nggak awet lagi nanti.

Sekian tips dari saya biar kain atawa baju kita-kita yang terbuat dari batik kebanggaan Indonesia nggak gampang kusut. Eh maksudnya nggak cepet pudar. Biar nanti as dipake lagi kualitasnya masih sama ketika baru beli. Itu dia saat dicuci, dijemur dan diseterika harus diperhatikan apa-apa yang dia butuhin. Iya kebutuhan si kain.

Oh iya info penting lainnya*penting dan kudu dicatet*hoho. Dengan uang Rp. 23.000 deterjen khusus batik ini bisa dibeli di toko Batik Keris. Deterjen spesial buat si kain spesial.

Hofully your dress jadi tambah awet yaa.

Taqabbalallahu minna wa minkum, mentemen.

1 komentar:

  1. Kayaknya hrs dibeli ni .. sayang batiknya nanti cpt luntur kalo pakai deterjen biasa :)

    BalasHapus