Selasa, 12 Desember 2023

PORAK-PORANDA POHON PENUH BERKAH [ZAITUN]

Di tepi barat Al-Aqsha, lebih dari 800.000 pohon zaitun telah dicabut paksa oleh pemukim illegal, sang penjajah paling brutal sepanjang zaman. Pohon-pohon itu ditebas langsung di depan pemilik sah beserta keluarganya. Tindakan vandalism yang kerap menyerang terutama menjelang hari panen.

Padahal tsumma padahal, butuh waktu 20 tahun untuk satu pohon bisa berhasil tumbuh. Ditambah lagi untuk bisa merasakan manisnya masa panen itu membutuhkan 20 tahun. Totally, it takes up to 40 years from the seed to grow as a fruit.

Di sepanjang tahun 2020 saja, para penjajah brutal memusnahkan 8400 pohon zaitun. Di satu bulan Agustus 2021, lebih dari 9000 pohon zaitun dicabut dan di satu bulan November 2022, 2000 pohon telah ditebang paksa. Dan sehari di tanggal 09 Februari 2020, 50 pohon juga dicerabut akarnya.

Bashir, seorang penduduk di daerah Nablus mengalami luka-luka bersama lima orang keluarganya saat memanen zaitun. Sawqy Abu Mujahid, mengaku helikopter datang dan membakar kebun zaitun miliknya. Bahkan tidak hanya ditebang dan dibakar, banyak pohon zaitun di Al-Aqsha juga diracun. Pun di hari Senin kemarin (11/12/2023), para tentara masih terus menebangi pohon zaitun. 

Zaitun, buah yang terdapat di surat At-Tin, bermakna baitul maqdis. Seperti yang dikatakan Qatadah dalam Tafsir Ibnu Katsir. Pohonnya yang diberkahi dan dapat megabsorsi kadar karbondioksida di udara sebanyak 11 kg per liter produksi minyak zaitun. Minyak dan buahnya ialah campuran lezat dalam hidangan yang juga dapat dimanfaatkan secara holistik dalam dunia kesehatan dan kecantikan.

Zaitun, kekayaan yang tumbuh di tanah yang Allah berkahi. Kerugian akibat pohon zaitun yang dirusak telah mencapai 670 miliar rupiah, seperti yang dikatakan oleh Nazeh Fkhaida, direktur Departemen Dokumentasi Kerusakan Pertanian Palestina.

“Jika Pohon Zaitun mengetahui tangan yang menanamnya, minyaknya akan menjadi air mata” 

– Mahmoud Darwish


REFERENSI

Hedroug , Layla (2023), Israel’s Campaign Against Palestinian Olive’s Trees - TheYale Review of International Studies - http://yris.yira.org/global-issue/6018

Idrus, Pizaro Gozali  (2020) Israelis Destroy Thousands of Palestinian Farmers’ Olive’s Tree Anadolu Agency - https://www.aa.com.tr/en/middle-east/israeli-settlers-attack-palestinian-farmers-in-southern-nablus/3079422

Tidak ada komentar:

Posting Komentar