Selasa, 17 Juni 2014

KEHILANGAN INSPIRASI

Kehilangan inspirasi. Seringkali penulis mengalami hal ini. “Blank”  atau kosong. Serasa tak ada satupun topik atau ide yang dapat ditulis. Akhirnya mereka meninggalkan laptopnya menyala, bolpen tergeletak di atas meja begitu saja, atau bahkan mengalihkan pekerjaan menulisnya itu dan melupakannya sama sekali beberapa jam hingga beberapa hari ke depan.

Sampai deadline tiba, penulis pun kelabakan. Mencari paksa ide sana-sini. Mencomotnya dari berbagai tempat dan cara. Lalu datanglah bala bantuan yang bernama “The Power of Kepepet”. Hingga jadilah sebuah tulisan yang menurutnya ‘cukup’ bagus. Semua tugas, selesai. Seketika.

Hal itu tidak sepenuhnya benar. Sebenarnya hal yang sama bisa dilakukan pada hari yang sama. Ketika ia baru saja mendapatkan tugas. Penulis hanya perlu memfokuskan diri. Melibatkan semua hal yang menyangkut paut dan sesuai dengan tugas. Misalnya penulis sedang menggarap proyek cerpen, maka ia semestinya membaca cerpen, novel atau berbagai macam cerita fiksi lainnya. Berselancar di Internet, membaca karya-karya penulis lain. Dan itu sangat membantu. Cobalah ;) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar