Senin, 18 April 2016

Chilling in Cathing Fire [Hunger Games II]



Tuh kan akting. Kattnis said that in minute four. Just I said before, Kattnis hanya berpura-pura mencintai Peeta. Ada Gale yang melindungi keluarganya di distrik 12. He protects Katniss’ mom and her sister. Tentu saja Kattnis lebih memilih Gale. Sedangkan Peeta, hanya orang asing yang ditemuinya di toko roti dan menjadi pasangannya di Hunger Game. Ya, meskipun sebnarnya Peeta mencintai Kattniss, I guess.

Kesayangan Kattnis
I will before the snow melted.  I noted it. It was sentence I got from Kattnis before left Gale. Sebelum akhirnya Gale dicambuk di alun-alun oleh ketua baru yang katanya will make a peace in that district. Semuanya menjadi rumit. Bawahan Snow –presiden Hunger Games- memporak-porandakan distrik 12.

Sang ketua baru
Katniss tak dimaafkan. Ia menyelamatkan Gale dari cambukan. Ketua baru kemudian menodongkan pistolnya. Berniat menghapus Kattnis dari kehidupan –kalimat ini aku dapat dari film India :D you know the meaning, right?- namun Haymitch mencegah sang ketua. Peeta datang menyelamatkan tiga orang itu dari ketua. Jadilah mereka aman.

Pemenang Hunger Games I
As I told you here, Peeta dan Katniss sekarang adalah pemenangnya. Tepatnya, the victors from Hunger Game I. Ya, they did it. Karena mereka akan memakan buah beri mematikan di akhir pertandingan. Capitol, I mean Snow, tak mungkin-lah membiarkan hal itu. The Capitol left them alive and won the game in the end of story.

Ceritanya kemudian amat sangat mengharukan. Ya, aku merasakannya hingga akhir. Mengharukan dan menyebalkan kalau aku boleh bilang. Pihak Capitol memiliki dendam or apalah istilahnya. Mereka membuat para pemenang dari puluhan game berkumpul. Katanya sih peringatan dari Hunger Game. It called as Quarter Quell ke-3.

Peserta Quarter Quel ke-3
Jadilah Kattnis terpilih kembali karena ia satunya-satunya wanita di distrik itu yang pernah menang. It should be Haymitch actually, tapi Peeta mengajukan diri untuk mengganti. Mereka kemudian menjadi satu tim. Kattnis dan Peeta sebagai peserta, Haymitch mentor mereka, Effie, sang manajer dan Cinna si perancang busana.

Cinna, si perancang busana
Let me tell you about them. Haymitch pernah menang Hunger Game sebelumnya that 's why dia jadi mentor atau lebih tepatnya penasehat. Cinna, dia perancang busana yang hebat. Ia yang membuat Kattnis terlihat mengesankan saat malam perkenalan. Membuat Kattnis dan Peeta dalam busana penuh api. Api sungguhan menurut cerita. Hanya busana mereka yang tahan api. Effie, hanya mengatur segala sesuatu tentang mereka. Seperti mengatur jadwal mungkin.

Effie, si rambut emas
Effie yang membuat mereka bersatu. Ya, dengan lambang. Kattnis memiliki pin burung mockingjay berwarna. Pin yang diberikan secara cuma-cuma di pasar.  Effie memiliki rambut berwarna emas. Haymitch diberi sebuah gelang dan untuk Peeta sebuah liotin. Simbol emas untuk sebuah tim.

Hadiah yang diberikan Effie pada mereka atas seorang bayi. Peeta membuat lelucon lagi. Dia mengumumkan bahwa Kattnis dan Peeta telah menikah secara rahasia. Then they have a baby. Tentunya dalam kandungan. Itu diumumkan Peeta dalam wawancara pada perkenalan Quarter Quell ke-3, pertandingan antar pemenang dari setiap distrik. Sebuah peringatan Hunger Game setiap 25 tahun sekali.

Pemberontak di jalanan
Pemberontakan di distrik 8
Entahlah, situasi makin tak terkendali. Banyak rakyat yang memberontak di jalan. Sejak Kattnis menang di Hunger Games yang pertama, harapan mulai muncul di dada setiap orang. Apalagi? Penguasa zalim seperti itu tentu akan membuat orang-orang akhirnya melawan. Penguasa yang keji. Can we say that? Penguasa yang dzalim, lalim. Oh, God! Save us form that.

Sangat hegemoni. Aku akhirnya menyadari hal itu. Seorang temanku yang semprol dan wisuda pertama kali dari konsentrasi sastra, ia memakai hal itu. Teori yang tepat menurutku. Di seri yang kedua ini memang lebih ke hegemoni daripada pemakaian teknologi. Teknologi yang merupakan anak dari Posmodernisme.

Bagaimana tidak, Snow sang presiden begitu tega melakukan itu pada semua itu. Dou desu ka? Menurutmu bagaimana? I think karena dia sangat kaya dan berkuasa. Snow mungkin takkan melakukannya jika dia tidak memiliki kekuatan seperti itu. Perhatikan saat Kattnis berhasil memanah kubah tempat para peserta bertempur, Snow sedikit tak berkutik karena kehilangan kontak dengan seluruh panitia. Rasakan!

Panitia
Selain hegemoni, cerita ini bisa dianalisa menggunakan feminisme. Entah itu yang radikal, liberal maupun tradisional. Effie, selalu mengatakan lady’s first saat mempersilahkan Kattnis dan Peeta. That’s natural or let’s say it in traditional feminisme. Setidaknya begitu yang aku pelajari di kelas.

Ya, meskipun Kattnis selalu lebih unggul dari Peeta. Lebih mahir menyelamatkan diri dan memanah. Juga yang lebih sering mendapatkan ide terlebih dahulu. Oh, itu mungkin bisa dikatagorikan sebagai liberal. Yeah, woman can fight too. That was stated in the story, you know.

Kattniss, jago manah

Pertandingan lebih ketat dari sebelumnya. Ada kabut yang beracun. Ketika tersentuh, peserta akan merasakan seperti tersengat listrik dan bentol-bentol layaknya kusta akan menyebar di atas kulit. Kemudian it will made you into a death. Kera-kera ganas yang bisa membunuh merah. Hujan darah yang dapat mengakibatkan buta. Tsunami pun mengancam bibir pantai meski mereka keluar dari hutan. Semua peserta dalam pengawasan. Setiap kali ada yang gugur, meriam akan meletus. Berbunyi nyaring.

Kabut beracun
Dalam pertandingan kali ini mereka bersekutu dengan Finnict, Joahnna dan pasangan mereka. Beeta, ahli teknologi yang akhirnya gugur setelah istrinya. Begitu juga dengan pasangan Finnict dan Joahnna. I’m an open book, itu yang dikatakan Kattnis pada peserta lainnya. Kattnis juga sangat mengesankan saat perkenalan. Gaun pengantin yang berubah menjadi mockingjay. Rancangan Cinna tentu saja. So impressive! Kukira, akhirnya akan menyenangkan. Namun dalam cerita Cinna dihapus dari pertandingan. Tepat sebelum Kattnis memulai Hunger Games yang kedua.

Gaun Kattnis di Hunger Games II
Gaun Kattnis berapi
Putih, berapi menjadi hitam dan Mockingjay!

FYI, di akhir cerita Kattnis kembali bersama Gale. Sedangkan Peeta berada di Capitol bersama Joahnna. The story was too crowded. You have to watch this! Trust me it works eh jadi kayak iklan yaa :D

Indekos, 16, April 2016, 16:15

Tidak ada komentar:

Posting Komentar