Kamis, 11 September 2014

JEJAK LANGKAH-NYA PRAMOEDYA

BENARKAH  BAHASA BELANDA ADALAH BAHASA PENGETAHUAN YANG DIAKUI DUNIA?

Semua pasti sudah mahfum tentang English atau bahasa Inggris adalah bahasa internasional. Anak Indonesia bahkan diajarkan bahasa internasional sejak bersekolalh di tingkat dasar. Bahkan kini dalam pendidikan anak usia hal itu juga diajarkan.

Lalu kenapa Belanda tidak? Bahasa dari negeri Kincir Angin tersebut 'kan adalah bahasa pengetahuan, jadi kenapa tidak diajarkan? Siapa yang bilang? Jejak  Langkah! Novel teralogi karya Pramoedya Ananta Toer.

Buku sangat menarik perhatian saya saat memasuki perpustakaan kampus di minggu pertama aktif kuliah. Seperti ada wajah baru. Pula, buku ini buku tertebal di deretan buku sastra. Sebuah novel roman karya orang terkenal.

MY FIRST ROMAN
Jejak Langkah nove tetralogi Pramoedya
Roman. Apa sih  roman. Yang pasti ini berbeda dengan ‘romance’. Karena kalau yang itu artinya tentang percintaan. Sambil menunggu dosen datang aku dan teman-teman mahasiswa lainnya berusaha menafsirkan arti kata tersebut.

Seorang temanku mengartikan roman itu adalah karya sastra yang rumit. Sulit. Tak gampang bahasanya. Tak mengalir.  Tak semudah membaca karya sasta yang terbit di jaman sekarang. Dan menurutku roman adalah karya sastra jaman dulu. Klasik. It’s kind of canon literature.

Let’s check on wikipedia.

 “Roman adalah sejenis karya sastra dalam bentuk prosa atau ganjaran yang isinya melukiskan perbuatan pelakunya menurut watak dan isi jiwa masing-masing. Bisa juga roman artinya adalah ‘kisah percintaan’


Ngomong-ngomong sola wikipedia, jadi inget kemarin. Seorang mahasiswa yang mempermasalahkan web tersebut. Let me tell you later.

Keren! Di dalam novel tersebut Minke, si tokoh utama dapat berbicara dalam berbagai bahasa. Bahasa asing, melayu dan beberapa bahasa daerah. Shugoi, na!

Coba deh baca. Jejak Langkah, novel setebal 700 halaman lebih.
Fuih! *ngelap dahi :p

Top markotop. Apalagi 4 buku yang dijilid jadi satu ini sudah pernah diterjemahkan ke dalan 40 bahasa lebih. So is my work soon, Amiin!
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar