Selasa, 11 Februari 2014

‘PURA’ IN BALI ‘KOBUNG’ IN MADURA

Pura, or Balinese Temple

Few months ago, me and  my friends went to Bali. My Aunt asked me about the atmosphere there. I just replied that in Bali i was saw many temple. Every house have some temples. Yups, at least there are three temples every house. Uh, uh.. even in office, school or all of tourism place I found some temples there. My aunt said 
 
“Nyamana reng Hindu, ya bannyak ‘Pura’na. Padhana mun ning Madhura. Bannyak se Islam, bannyak langgarra. Bannyak kobhunga, ” lho kokganti Bahasanya?

Iya juga ya, hampir setiap rumah orang pasti ada tempat ibadahnya. Bagi orang  yang Bergama tentunya. Ya setidaknya ada ruang khusus untuk itu. Meski ruang kecil. Nah karena kebetulan di bali banyak orang hidunya, maka terdapat banyak Pura-lah di sana. Tapi meski begitu ada ‘Pura besarnya juga lho.’ Di mana semua orang dapat berkumpul di sana.

Lha di Madura juga selain ‘’Langgar atau Kobung ada Masjid yang besar. Untuk sholat bareng-bareng satu kampung. Apalagi waktu lebaran pasti deh penuh banget.

That was the comparison degree between our cultures. Kalo ditanya pengen ke sana lagi ato nggak, piker-pikir dulu. Harus hati-hati sama makannya. Apalagi nggak boleh makan atawa beli bakso sembarangan.  Karena kehalalannya belum teruji di ITB dan IPB MUI kale .:grin:.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar