Senin, 24 Februari 2014

KESAN PERTAMA: KELAS HELIT



Alhamdulillah ngampus pertama hari ni sudah selesai.  Bertemu banyak teman setelah sekian hari –tepatnya satu bulan- tak bertemu. Ah, kerinduan akan rekan-rekan rasanya sedikit terobati. 

Gedung Rektorat UTM Madura
Hari ini aku hanya memiliki satu matakuliah saja. Dosen mengajar pun tak lama dalam kelas. Seperti yang sudah-sudah, awal pertemuan hanya memberikan sedikit penghantar tentang materi apa yang akan kita pelajari satu semester ke depan. Buku  apa yang harus kita pegang. Kata si Ibu dosen sih cari sendiri aja yah.. Actually just itroduction and agreement about our course. Biasalah, kontrak kuliah gitu.

Gedung Cakra, salah satu kelasku di lantai 5 sana!
Di dalam kelas, aku sempatkan untuk duduk di bangku barisan depan. Niatnya, supaya lebih paham terhadap apa yang dosen jelaskan. Teman sebelahku menyenggol, “Nggak apa-apa nihduduk paling depan?” dengan mantap aku mengangguk saja. “Sip, semangat! Bismillah..” Hoho, akhirnya dia tak jadi pindah. 

Tadi Ibu Dosen menjelaskan banyak hal tentang sastra dan bahasa.  She told us how to choose the best class. Between Linguitics and Literature. Semester  lima depan, kita; Mahasiswa Sastra Inggris harus memilih salah satunya. Menjadi anak Sastra atau Bahasa.

www.bidsbypros.com
Linguitics or Literature?
 
Literature

Menurut Ibu dosenku yang cantik, kalau kamu suka membaca, you better to choose this. Karena nanti kamu akan banyak membaca karya sastra seperti novel. Kemudian membedahnya. Analyze the story. Ketika skripsi Mahasiswa akan diminta mengalisis suatu karya sastra seperti Puisi, Prosa dan Drama.


Linguitics

Nanti ketika skripsi, Mahasiswa tidak hanya membahasa tentang ‘Language in English,’ ada seorang kakak kelas, dia dalam skripsinya membahas tentang bahasa orang pengemis di suatu kota. Jadi tidak hanya Bahasa Inggris saja. Dalam nanti ketika Mahasiswa Linguistik membuat sripsi, dia bisa mengambil tema dalam berbagai bahasa. Misalnya Madura, Jawa atau mungkin Jepang kalau bisa. But all of them actually must writen in English. That’s true. Kita kan Mahasiswa Sastra Inggris. Sudah seharusnya begitu. Dan beliau juga menegaskan, “Nanti masuk Linguistik jangan karena ikut-ikutan teman atau karena nggak suka sama Dosen sastra.” You should choose the best for you.


The Class today is about History of English Literature. Dan tentunya yang mengajar adalah dosen sastra. Dari penjelasannya beliau banyak membicarakan tentang sastra daripada bahasa. Ya iyalah, dosen sastra :D

Then what class do you want to choose? You just choose the best one. The best thing for you. 


Literature or Linguistics? It’s up to you ;)


Aku sendiri masih bingung. Aku suka sastra. Suka menulis puisi dan merangkai kata-kata serta cerita. Tapi aku tertarik pada Bahasa. Mempelajari berbagai macam bahasa dan seluk-beluk di dalamnya. Aku suka menulis juga suka membaca –eh jadi teringat twitterku ynag bermasalah- Aku ingin menjadi Linguist. Aku ingin menjadi TransIator  handal. I love both of them. Then? Wait and see next semester.. 

wrote around the wind which is not blowed. Madura sedang panas sodara!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar